Saturday, August 4, 2012

> Sensasi 'Hidup' Pada Mainan
Selasa, 22 Mei 2012
Oleh Degina Juvita
Boneka, salah satu mainan yang kerap jadi teman keseharian di masa kecil. Tapi bukan berarti saat dewasa tidak lagi menyentuh mainan jenis ini. Umumnya, mainan dianggap 'benda mati' yang hanya berfungsi untuk dimainkan saja. Lalu bagaimana jadinya, kalau mainan-mainan tersebut dibuat menjadi 'lebih hidup' dari biasanya? Fotografi salah satu alternatifnya. Melalui teknik sederhana, serta komposisi yang tepat, berbagai mainan pun terlihat hidup dalam sekejap.
Lembar-lembar foto yang menggambarkan mainan dipajang di Plastic Culture, Grand Indonesia, Jakarta. Jenis mainannya beragam, begitu juga ekspresi karyanya. Seperti terlihat dalam foto berlatar candi Prambanan. Sang fotografer lihai menempatkan empat buah mainan dengan karakter berbeda pada posisi tertentu-- sehingga tampak seperti orang-orang berjalan di sekeliling candi. Fauzie Helmy memberi judul “Punakawan in Action” pada karyanya.
Karya lain, ekspresi licik dari karakter Stewie yang memegang sebatang korek api, mampu menjelaskan maksud fotografernya. Di belakang karakter tersebut, rumah berbalut api sengaja dibuat buram (tidak fokus). Paulus Hyu ingin menampilkan situasi bahwa mainan Stewie yang menjadi penyebab kebakaran. Karyanya diberi judul “Naughty Stewie”.
Danbo, boneka handmade yang sedang top pun ikut tampil. Walau bentuknya kotak-kotak, ekspresi boneka ini bisa dibuat sesuai keinginan. Sebab itu,  banyak yang tertarik menjadikan Danbo sebagai objek foto. Eko Wahyudi, menampilkan sepasang Danbo berjalan di atas hamparan pasir, sambil membawa papan selancar. Ia memberi judul “Let’s Surf, Beib!!”. Kemudian Ronnie Lim, menyajikan dua karya yang juga menampilkan Danbo sebagai objek foto. Salah satunya, memperlihatkan Danbo sedang membersihkan gitar dengan kain lap. Ukuran Danbo yang kecil, tampak kontras dengan gitar berukuran besar. Tapi karya ini memperlihatkan Danbo wajar dan hidup.
Karya-karya fotografi tersebut, bersanding dengan puluhan karya lainnya dalam pameran “Toy Life : Toy Photography”. Sebuah pameran foto yang bertemakan kehidupan bersama mainan. Para fotografer membuat mainan itu hidup melalui karya foto. Ajang pameran ini diikuti oleh 15 peserta, dengan 37 karya foto. Foto yang dipamerkan merupakan hasil bidikan fotografer amatir hingga profesional, yang memiliki minat dan kecintaan terhadap mainan. Pameran akan berlangsung hingga 27 Mei mendatang.

No comments:

Post a Comment